Monday, June 20, 2011

Proyek Dadakan: Buat Social Bookmark

Berawal dari kesimpulan saya membawa blog ke TOP 1 SERP bermodal social bookmark yang kurang lebih 50-an dalam sekali submit satu link posting, maka saya teringat mas prafangga pernah membuat tutorial membuat phpdug, krn yang saya cari pligg ya iseng2 saya mencoba phpdug aja dulu, tp ternyata blog mas prafangga sudah dibanned. Akhirnya saya bilang ke bro rohadi tuk menanyakan ke dia, secara saya cuma kenal di kontes SEO dan di ads-id pun saya memakai profile lain he he he


Sambil menuggu jawaban saya pu ke google.com tuk mencari cara menginstall phpdug, ga' disangka saya dapat bermacam2 developer yang membuat berbagai macam SB dan ternyata baru saya tahu klo yang saya inginkan seperti liputankhusus.com punya Abi Bakar (saya memanggilnya Abi ky manggil ayah saya, ga' apa2 kt x) itu bukan pligg tapi hotaru. Wow itulah yang saya cari.

Akhirnya download dan baca instruksinya di forum hotaru cara install hotaru dan saya coba, BISA. Setelah saya salah seting pada awalnya tp lama2 akhirnya saya mengerti klo disuruh install hotaru sendiri, tp tunggu dulu, ini ada kasus yang muncul seperti kasus waktu saya pernah gagal buat pligg dulunya, halaman error 404 not forund dan setiap link yang di klik hanya mengarah ke homepage aja bukan ke link yang kita minta seperti mau submit, register atau log in dsb, wah wah wah bisa terhenti ni klo kejadian yang sama terjadi lagi. Setelah mikir cukup lama (padahal ga' tau juga apa yg mau dipikir ) alhirnya saya dapat inti masalah yg dulu pernah menggagalkan saya, .httaccess yang masih default, ini ternyata

Setelah saya rubah, taraaaaaa jadilah link semuanya hidup seperti yang kuinginkan, sip dah. Langsung saja saya beli domain .info murahan dari godaddy dan buat khusus SB. Dari satu domain itu sayapun membuat berbagai macam social bookmark seperti hotaru, pligg, phpdug, scuttle dan satu yg masih saya gagal, scopp/drigg yang setelah saya install kok malah jadi situs drupal default ya? akhirnya saya membuat beberapa sub domain dr satu domain itu, rencana saya setelah posisi mereka kuat akan saya jadikan SB pribadi yg digunakan untuk konsumsi pribadi sendiri dengan mendisable register new member, ya menghindari spammer gitu.