Sunday, July 3, 2011

Bermain adalah Belajar, Kerja adalah Pesta

Bermain adalah Belajar
Pernah dengar istilah bermain adalah belajar? tagline itu telah menjadi tagline yg tidak pernah saya rubah sejak ruangihsan.com terlahir hingga sekarang, tp sebenarnya bukan hanya dari tagline itu. Sewaktu saya kuliyah di manajemen pendidikan kemarin saat mengkaji pemikiran pendidikan ternyata ada pendapat seorang tokoh pendidikan yang mengatakan bahwa bermain adalah belajar. Walau memang duluan dia tp sewaktu saya membuat tagline ruangihsan.com, saya tidak terpengaruh oleh pihak manapun jadi murni pikiran error saya sendiri. Salah satu tokoh itu klo ga' salah bermana Comenius, intinya saat seorang sedang bermain (yg pasti bersenang2 ria) saat disitulah dia sebenarnya sedang belajar karena biasanya yang cepat masuk ke dalam pikiran dan sangat melekat hingga puluhan tahun adalah ketika seseorang sangat senang atau sangat sedih sehingga membekas terukir dalam pikirannya.

Dalam salah satu teknik penyembuhan alami yang sering saya lakukan adalah dengan mind power. Dimana saat kita sakit, jangan sekali2 berfikir bahwa kita sakit, ingat lah kita kita tertawa riang bergembira bersama teman2 kita saat bermain. Teknik ini sangat dianjurkan dilakukan dengan mengambil poisisi senyaman mungkin (kaya yoga?) dan mulailah berfikir bahwa Anda sehat dan ingatlah sesuatu yg enak2 dan gembira, lakukan beberapa menit setiap hari sesering mungkin, maka Anda akan sembuh. Anda harus yakin.

Dulu juga saya pernah bahas di ruang-ihsan.blogspot.com tentang menjadikan sesuatu itu hobi plus cinta. Dimana saat kita bekerja atau apapun yang kita lakukan sebisa mungkin kita lakukan dengan kesengan bahkan sampai ketagihan, bagaimana kalau kita bawa ke pekerjaan?

kita masuk ke kalimat kedua pada title artikel ini

Kerja adalah Pesta
Pernah dengar istilah ini? saya juga baru dapat istilah ini ketika menonton film Elias and the hunt for gold of sea disela2 rehat saya karena pusing mikirin kode2 yang saya tidak mengerti sama sekali dan ketemulah saya dengan kalimat kerja adalah pesta keluar dari mulu pemeran antagonisnya yang hendak menguasai teluk Cozy, tapi saya senang dengan kalimat ini dan sepertinya pantas disandingkan dengan kalimat bermain dan belajarlah karena kerja adalah pesta, bagaimana?

Lanjut ke kalimat ketiga yang masih misteri.... sedikit Out of Topic (OOT)

Kalau Bermain adalah Belajar
Kalau Kerja adalah Pesta
Trus Tidur adalah.......???????

Jawaban sementara mungkin:
Tidur adalah emas alasannya ya karena di saat tidur itulah semua proses berjalan secara auto otomatis